Totalitas Kelompok 1 Lokal 22B Prodi KPI Dalam Penuhi Tugas Akhir Mata Kuliah Literasi Media

Hits: 143

Banjarmasin — Senin, 03 Juni 2024, kelompok 1 Literasi Media lokal 22B program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Antasari Banjarmasin mengadakan syuting film pendek yang dilaksanakan di kota Banjarmasin.

Produksi film pendek yang dikerjakan oleh kelompok 1 mahasiswa Mata Kuliah Literasi Media kelas 22B ini digarap dengan totalitas. Penggarapan film memakan waktu hampir satu hari, yaitu sejak pukul 09.30 WITA hingga 21.20 WITA. Aktivitas produksi dimulai dari keberangkatan para kru yang berdomisili di Banjarbaru menuju Kota Banjarmasin. Adapun lokasi yang dijadikan setting lokasi film adalah kosan mahasiswa, kampus 1 UIN Antasari Banjarmasin dan Panti Asuhan Al-ihsan yang beralamatkan di Jl. Malkon Temon, Kota Banjarmasin. Pembuatan film ini ditujukan untuk memenuhi tugas mata kuliah, dan dengan harapan agar film ini dapat bermanfaat bagi penontonnya, khususnya para remaja yang menjadi tokoh utama film pendek ini.

“Berhenti atau Lanjutkan, ialah judul yang diangkat dalam film pendek ini, yang mana ini diangkat berdasarkan kisah nyata dari kawan kami bagaimana dia membangun dirinya dari keterpurukan sampai dia melaluinya dengan optimis,” jelas Aghnia Salsabila selaku pencetus ide cerita yang inspiratif itu.

Tujuan Aghnia mengangkat cerita ini tidak lain tidak bukan agar menjadi pembelajaran bagi setiap orang bahwa perjuangan yang dilalui seseorang untuk berkuliah tidaklah mudah. Dalam hal ini pendidikan, semangat hidup, & keteguhan iman menjadi poin yang sangat penting.

Alasan serupa juga dikemukakan oleh Gina Fatimah sebagai penulis naskah dalam film pendek yang mereka kerjakan ini.

Lutfi selaku sang Sutradara pun menegaskan bahwa ia sangat menghargai & mengapresiasi para kru yang terlibat, karena mereka tidak hanya memiliki keinginan kuat untuk belajar tapi juga keinginan kuat untuk berproses dalam menjalankan masing-masing peran yang telah diamanatkan.

Di sisi lain, Zulkifli sebagai pengasuh panti asuhan yang didatangi oleh tim produksi tentu merespon baik terhadap projek film pendek yang mereka garap di tempat tersebut, “Sebagai Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi pastinya kisah ini menjadi pesan yang bermanfaat bagi kita semua, sebagai Mahasiswa turun kelapangan melihat kondisi Panti juga menjadi awal kalian sebelum menyandang gelar sarjana,” tuturnya.

“Saya sangat berterimakasih kepada teman-teman mahasiswa yang telah berkunjung ke panti ini dan saya sangat mengapresiasi kegiatannya dan semoga bisa berlanjut dan dapat bermanfaat bagi orang lain,” sambung beliau dalam sesi wawancara.

 

 

*berita ini merupakan hasil kolaborasi kpiantasari.info dengan kelompok 1 Literasi Media KPI 22B

 

Sumber Foto: Gina Fatimah/Kelompok 1

Pewarta: Muhammad Sultan, Aghnia Salsabila.

Editor: Muhammad Hilman