Mahasiswa KPI UIN Antasari Kunjungi Hotel Grand Qin Banjarbaru: Pengalaman dan Wawasan Baru Seputar Jurnalistik dan Public Relations

Hits: 162

Banjarbaru – Jum’at, 7 Juni 2024, Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah & Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Antasari Banjarmasin telah melaksanakan kunjungan ke Hotel Grand Qin Banjarbaru yang diselenggarakan oleh dosen mata kuliah jurnalistik di jurusan KPI UIN Antasari, Gusti Muhammad Hermawan, M.I.Kom.

Acara yang dihadiri oleh sejumlah mahasiswa KPI angkatan 2023 kelas 23B & 23B1 ini berlangsung dari pukul 09.00 WITA pagi hingga 11.30 WITA siang, terhitung ada sekitar 50 orang mahasiswa yang berhadir kala itu.

Tidak hanya untuk belajar di bidang akademis layaknya di kelas, acara ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran kepada sekalian mahasiswa bagaimana praktik kerja wartawan & jurnalis di lapangan seperti yang telah diajarkan oleh dosen FDIK tersebut di kelas.

Selain itu, melalui acara ini beliau juga ingin mahasiswa KPI mendapat pengetahuan, wawasan, pengalaman, & relasi tanpa mengesampingkan tujuan utamanya, yakni mengenalkan kepada mereka lebih dalam pada bidang konsentrasi yang akan mereka hadapi di semester atau jenjang yang lebih tinggi.

“Program ini berawal dari inisiatif tim Public Relations Grand Qin yang ingin melakukan kegiatan ‘Goes to Campus’. Target brand Grand Qin sendiri adalah mahasiswa, yang memang cocok dengan konsep hotel kami yang ‘Muslim Friendly’. Kami berharap Grand Qin bisa menjadi pilihan utama para mahasiswa di masa depan,” tutur Irene Meuthia Putri selaku Tim Sales & Marketing Hotel Grand Qin Banjarbaru.

Dalam kunjungan ini, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas mereka serta belajar bagaimana tetap kreatif dalam membuat dan mengolah konten meskipun ada batasan-batasan keagamaan. Ini adalah pilihan yang sangat baik karena FDIK memiliki fokus pada dakwah, sementara Grand Qin berfokus pada konsep syariah. Oleh karenanya, pengolahan dan hasil output yang dihasilkan harus selaras dengan nilai-nilai keislaman, baik dalam promosi maupun dalam pembuatan bahan dakwah.

“Kegiatan ini bisa memperdalam pemahaman kami tentang ilmu jurnalistik dan public relations. Ini adalah pengalaman pertama bagi kami, sehingga sangat berkesan. Ada juga sesi spesial di mana kami diperkenalkan dengan fasilitas hotel,” kata Shofia Natasya Soraya, Mahasiswa KPI Kelas 23B Angkatan 2023.

Gusti turut mengharapkan kepada mahasiswa KPI sekalian agar dapat bersaing di masa depan dengan memiliki wawasan yang luas, juga dapat berkontribusi untuk daerah mereka dengan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki, bukan hanya mengandalkan ijazah, tetapi juga kemampuan yang telah mereka kembangkan.

 

 

Sumber foto : Muhammad Rafi
Pewarta : Muhammad Rafi, Salsabila, Noor Zhafirah, M. Waladun Shaleh

Editor : Muhammad Hilman