Studium Generale Semester Genap Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Tahun 2024

Hits: 93

Pada hari Rabu, 24 April 2024 telah dilaksanakan Studium Generale Semester Genap Fakultas Dakwah & Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin pada pukul 07.30 pagi hingga pukul 12.30 siang WITA, dengan mengusung tema “Persiapan Memasuki Dunia Kerja Bagi Lulusan Prodi BPI, KPI, MD, dan TI pada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin”.

Acara tersebut diramaikan oleh sejumlah mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dari setiap angkatan di berbagai prodi seperti Bimbingan & Penyuluhan Islam (BPI), Komunikasi & Penyiaran Islam (KPI), Manajemen Dakwah (MD), dan prodi Teknologi Informatika (TI) yang sedang menapaki usia 1 tahunnya.

Tidak hanya sederetan Dekan & Wakil Dekan serta dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Rektor UIN Antasari Banjarmasin pun turut menghadiri acara tersebut & memberi sambutan hangat kepada seluruh pihak yang berhadir pagi itu. Dalam sambutannya di sesi acara formal, beliau menegaskan bahwa mahasiswa memang sudah seharusnya memiliki kreativitas.

Acara yang digelar di auditorium Mastur Jahri kampus 1 UIN Antasari itu juga menggaet kerjasama dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), dan yayasan Hasnur Centre. Yakni lembaga sosial yang bergerak di bidang sosial, keagamaan, pendidikan, & kepemudaan di provinsi Kalimantan Selatan.

Narasumber yang didatangkan pula merupakan kepala ahli strategi sumber daya manusia di yayasan Hasnur Centre tersebut, beliau bernama Hizrian Fariz Zhaviery, S.M, CTMP. Alumni Universitas Lambung Mangkurat itu sempat bertanya kepada para mahasiswa apakah di antara mereka ada yang salah jurusan, kemudian salah seorang mahasiswi jurusan MD bernama Noviana Kartika Sari mengangkat tangan & mengiyakan pertanyaan tersebut.

Mahasiswi angkatan 2022 itu bercerita pada saat pendaftaran dirinya ingin masuk jurusan yang berhubungan dengan keguruan atau psikologi, namun karena tidak lulus akhirnya ia berlabuh di jurusan yang sampai saat ini masih ia jalani, yakni Manajemen Dakwah.

Hizrian juga menerangkan kiat-kiat yang harus diperhatikan saat diwawancarai oleh HRD, seperti penampilan yang kiranya harus menggunakan pakaian formal, postur tubuh yang tegak saat duduk berhadapan, Curriculum Vitae atau CV yang tidak harus diketik melalui Microsoft word, dan masih banyak lagi. Dalam pemaparannya pula, beliau menjelaskan bahwa postingan sosial media pelamar tentu akan menjadi pertimbangan HRD untuk menerima lamaran kerjanya.

“Selain menambah pengalaman, Studium Generale ini juga untuk jaga-jaga kalau-kalau suatu saat melamar pekerjaan sudah ada bekal yang dipersiapkan,” Tutur Siti Kemala, mahasiswi jurusan KPI yang ikut Studium Generale Semester Genap Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

“Intinya aku jadi lebih percaya diri pas ikut (Studium Generale) itu, jadi ga takut ga dapet kerjaan, kata beliau (pemateri) ga masalah walau jadi cleaning service, karena tiap orang itu rezekinya beda-beda,” tambahnya.

“Semoga (Studium Generale ini) bermanfaat bagi mahasiswa & membuat tambah semangat menjalani kuliahnya biar ga over thinking” pesannya kepada para mahasiswa.

Setelah pemaparan materi, acara pun ditutup dengan sesi tanya jawab, lalu disertai penampilan dari salah satu UKM dari Fakultas Dakwah & Ilmu Komunikasi yakni Nafada Voice, kemudian pembacaan do’a & foto bersama.

Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Dr. H. Muhammad Abduh Amrie, M.A. bersama Nafada Voice

Sumber foto: Tarekat Warna Fotografi & Muhammad Hilman

Reporter: Muhammad Hilman

Editor: Muhammad Hilman