MENGAMATI FENOMENA SOSIAL, MAHASISWA KPI KUNJUNGI TPA BASIRIH

Hits: 8

Dalam rangka mengeksplorasi aspek Sosiologi Komunikasi, mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam dari Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin mendatangi salah satu Tempat Pembuangan Akhir yang berada di Basirih pada hari Kamis, 8 Juni 2023.

Kedatangan Mahasiswa ini adalah untuk mengamati fenomena sosial yang terjadi dalam konteks sosiologi komunikasi. Selain untuk mengamati fenomena tersebut, kedatangan mahasiswa ini juga untuk mengerjakan tugas akhir dari mata kuliah Sosiologi Komunikasi.

Terdapat 10 Mahasiswa yang ikut mendatangi tempat pembuangan akhir ini. Mereka terdiri dari Mahasiswa angkatan 21 semester empat jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin.

Kedatangan mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin bertujuan untuk memahami dampak sosial dan komunikasi yang terjadi di tempat pembuangan akhir. Mereka ingin melihat secara langsung bagaimana proses komunikasi dilakukan di tempat ini, serta memahami peran komunikasi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Selain melakukan pengamatan terhadap dampak sosial dan komunikasi yang terjadi di sana, mereka juga melakukan wawancara kepada salah satu pengelola di tempat pembuangan akhir serta melakukan beberapa dokumentasi lapangan.

Salah satu mahasiswi yang ikut mendatangi tempat pembuangan akhir, Laura Latifah, mengatakan, “Setelah mendatangi tempat ini. Kita perlu menyadari bahwa pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan khususnya pengelolaan sampah. Setelah mengamati bahwa sampah yang kita dibuang selama ini sudah sangat menumpuk. Ini hanya di satu tempat pembuangan akhir, belum lagi di tempat-tempat pembuangan akhir lainnya” ungkapnya.

Kunjungan ke tempat pembuangan akhir di Basirih ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam bagi mahasiswa tentang sosiologi komunikasi dalam konteks pengelolaan sampah. Diharapkan pula, kegiatan semacam ini dapat mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.

Dengan semakin banyaknya kegiatan mahasiswa yang melibatkan kunjungan lapangan seperti ini, diharapkan para mahasiswa dapat menerapkan pemahaman dan pengetahuan yang didapatnya untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

 

 

 

Penulis   : Riswan Munawar Rahman