Malam Minggu Edukatif Bersama KPI UIN Antasari pada Seminar Nasional & FGD Peneliti Muda Prodi KPI

Hits: 101

Banjarmasin – Sabtu, 23 Juni 2024, Mahasiswa dan Mahasiswi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin menghadiri Seminar Nasional & FGD Peneliti muda prodi KPI dengan narasumbernya, Dr. Uwes Fatoni, M.Ag dosen dari UIN Sunan Djati Bandung.

Terlaksananya acara seminar nasional ini juga dihadiri oleh Bapak Dekan, Dr. H. Muhammad Abduh Amrie, M.A., Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan, Bapak Surya Eka Priyatna., M.Cs dan Ibu Risqiatul Hasanah, M.Sos.

Acara ini diadakan oleh Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam guna menambah wawasan mengenai “Komunikasi Digital dalam Era Post Truth: Tantangan dan strategi bagi Mahasiswa peneliti pemuda prodi KPI.” Dan ini yang menjadi tema pada acara seminar nasional kali ini.

“Siapkan diri untuk menjadi peneliti muda, syaratnya satu, cinta pada ilmu, banyak membaca senang membaca dan senang membahas hal yang berkaitan ini.” Ucap Bapak Dr. Uwes Fatoni, M.Ag

Beliau juga mengenalkan tentang apa itu profil lulusan kpi, menjelaskan isi website kpi, dan advokasi kebijakan media, manfaat AI di zaman sekarang, dan lainnya. Menjawab pertanyaan dari salah satu mahasiswa KPI, “Media bukan menjadi tujuan dari kita tetapi bagaimana cara mengelolanya/keahliannya untuk memudahkan kita untuk memanfaatkan teknologi itu.”

Harapan Ketua Jurusan KPI,  Bapak Surya Eka Priyatna., M.Cs dengan launchingnya komunitas penelitian muda kpi, yaitu semangat dan membuat nama jurusan KPI menjadi lebih baik. Beliau juga senang dengan respon mahasiswa dan mahasiswi yang sangat berenergi pada waktu itu.

Selain seminar nasional dan FGD peneliti muda, acara ini juga dilaksanakan MoA antara prodi KPI UIN Antasari dg KPI UIN Sunan Gunung jati Bandung. Penandatanganan MoA bertujuan adanya kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan tinggi, sehingga kedepannya baik masing-masing pihak bisa saling mengisi kegiatan akademis untuk menjadi lebih maju.

Penulis juga mengharapkan kita sebagai peneliti muda untuk menyiapkan diri dengan cara mencintai buku dan senang dengan hal yang berkaitan. Semuanya akan memudahkan kita untuk meneliti karna bekal yang kita dapatkan itu ada.

Pada akhir sesi seminar yang diselenggarakan pada malam minggu tersebut juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Prodi KPI UIN Sunan Gunung Jati Bandung dan juga Prodi KPI UIN Antasari Banjarmasin. MoA ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama dalam bidang penelitian, pengembangan teknologi, dan peningkatan kualitas pendidikan. Penandatanganan ini diharapkan dapat membuka peluang kolaborasi yang lebih luas dan memberikan manfaat nyata bagi kedua belah pihak serta masyarakat luas.

Penulis : Jiza Azizah

Redaktur : Muhammad Al-Fauzan