Ketua dan Sekretaris Prodi KPI UIN Antasari Banjarmasin Menjadi Narasumber di Seminar Nasional dan FGD Finalisasi Borang UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Hits: 105

Tulungagung, 26 Juni 2024 – Ketua Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Antasari Banjarmasin, Surya Eka Priyatna, M. Cs, dan Sekretaris Program Studi, Risqiatul Hasanah, M. Sos, menjadi narasumber dalam kegiatan Seminar Nasional dan Focus Group Discussion (FGD) Finalisasi Borang yang diadakan oleh UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Acara ini dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari pejabat dan dosen Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD).

Dalam seminar yang berlangsung di Azana Hotel Tulungagung, Surya Eka Priyatna mengusung tema “AI dan Komunikasi Islam: Inovasi Teknologi untuk Penyiaran Dakwah di Era Digital”. Beliau membahas bagaimana kecerdasan buatan (AI) dapat digunakan sebagai alat inovatif dalam penyiaran dakwah, memberikan perspektif baru tentang bagaimana teknologi dapat memperluas jangkauan dan efektivitas komunikasi Islam di era digital.

Sementara itu, Risqiatul Hasanah memaparkan tema “Dakwah di Era Pop Culture pada Gen Z”. Beliau menjelaskan bagaimana dakwah dapat disesuaikan dengan budaya populer yang mendominasi kehidupan Generasi Z, mengedepankan pendekatan kreatif dan relevan yang mampu menarik minat dan perhatian generasi muda dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Plt. Dekan FUAD, Dr. Nurul Hidayat, M. Ag, Wakil Dekan II, Uswah Wardiana, M. Si, Koordinator Prodi KPI, Luthfi Ulfa Ni’amah, M. Kom. I, serta dosen-dosen dari Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Situasi dalam seminar dan FGD berjalan hangat dengan nuansa kekeluargaan yang kental, namun tetap dalam lingkup profesionalisme akademis.

Selain seminar dan FGD, acara ini juga ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara UIN Antasari Banjarmasin dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah. Kerjasama ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara kedua universitas, terutama dalam bidang penelitian dan pengembangan program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Surya Eka Priyatna menyatakan, “Kami sangat senang dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam seminar ini. Semoga kerjasama yang terjalin dapat membawa manfaat yang besar bagi kedua institusi.”

Acara ini menjadi bukti komitmen UIN Antasari Banjarmasin dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Reporter: Armiah