Delegasi KPI UIN Antasari Banjarmasin Lakukan Benchmarking ke UIN Sunan Ampel Surabaya

Hits: 134

Surabaya, 24 Juni 2024 – Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Antasari Banjarmasin melakukan kunjungan benchmarking ke Program Studi KPI UIN Sunan Ampel Surabaya. Delegasi ini terdiri dari Ketua Prodi Surya Eka Priyatna, M. Cs, Sekretaris Prodi Risqiatul Hasanah, dan Ketua GPM FDIK, Armiah, M. Si.

Kedatangan mereka disambut hangat oleh jajaran UIN Sunan Ampel Surabaya, termasuk Wakil Dekan I Dr. Moh. Ansori, S. Ag, M. Fil. I, Wakil Dekan II Ries Dyah Fitri ah, M. Si, Ketua Prodi KPI Dr. Sokhi Huda, M. Ag, Sekretaris Prodi Rozaqul Arif, M. Kom. I, beserta staf lainnya.

Benchmarking ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan pengembangan program studi melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman. Dalam pertemuan ini, banyak pencerahan dan wawasan yang didapat oleh delegasi UIN Antasari mengenai praktik-praktik unggulan yang diterapkan di UIN Sunan Ampel, terutama dalam hal kurikulum, metodologi pengajaran, serta riset dan publikasi ilmiah.

Selain diskusi dan sharing session, pertemuan ini juga menghasilkan Memorandum of Agreement (MoA) yang menandai dimulainya kolaborasi antara kedua universitas. Kolaborasi ini mencakup penelitian bersama antara dosen dan mahasiswa, serta pertukaran sumber daya dan informasi yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas akademik dan penelitian di kedua institusi.

Ketua Prodi KPI UIN Antasari, Surya Eka Priyatna, M. Cs, menyatakan, “Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi kami. Banyak hal baru yang bisa kami pelajari dan terapkan di UIN Antasari. Kami berharap kerjasama ini bisa berjalan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak.”

Sementara itu, Kaprodi KPI UIN Sunan Ampel Dr. Sokhi Huda, M. Ag menambahkan, “Kami sangat senang bisa berbagi pengalaman dan menjalin kerjasama dengan UIN Antasari. Semoga MoA ini menjadi awal dari kolaborasi yang lebih erat dan produktif di masa depan.”

Kunjungan ini menjadi langkah awal yang signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di lingkungan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, baik di UIN Antasari Banjarmasin maupun UIN Sunan Ampel Surabaya.

 

Reporter : Armiah