Pembukaan Acara Festkom Sekaligus Tasyakuran Hari Lahir Jurusan Komunikasi & Penyiaran Islam yang ke-28 Tahun

Hits: 99

Sabtu 16 Desember 2023, telah berlangsung pembukaan acara Festival Komunikasi 2023 & Tasyakuran Hari Lahir Jurusan Komunikasi & Penyiaran Islam yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi & Penyiaran Islam pada pukul 10.00 pagi hingga pukul 11.30 siang, acara tersebut diselenggarakan di kampus 2 UIN Antasari Banjarmasin di Banjarbaru, tepatnya di lantai 2 gedung Fakultas Tarbiyah & Keguruan. Acara yang berakronim Festkom itu diadakan dalam rangka memperingati hari lahir Jurusan Komunikasi & Penyiaran Islam yang ke-28 tahun, dengan menghadirkan sederetan lomba yang terdiri dari beberapa kategori seperti sport, seni, komunikasi, dan desain & creative.

Tentunya acara tersebut juga diadakan setiap tahunnya sejak tahun 2021 dengan nama Commufest, lalu berlanjut di tahun 2022 dengan nama yang sama, hingga akhirnya nama tersebut bertransformasi menjadi Festkom di tahun 2023.

Sejumlah tamu undangan dari beberapa perwakilan organisasi di Fakultas Dakwah & Ilmu Komunikasi juga turut menghadiri acara itu untuk mengisi beberapa patah kata sambutan yang diawali dari Ahmad Khoirul Falah selaku Ketua Pelaksana, Nazwarina Saharani selaku Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi & Penyiaran Islam, Muhammad Rivaldi Akbar selaku tamu undangan Perwakilan Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Dakwah & Ilmu Komunikasi, dan juga Ketua Prodi Komunikasi & Penyiaran Islam yakni Bapak Surya Eka Priyatna, M.Cs yang menghadiri secara daring.

Pada proses pengonsepan, kegiatan ini awalnya memiliki tema ‘Kolaborasi bersama komunikasi’, namun hal itu diakibatkan adanya kesalahan dalam pengetikan, hingga akhirnya konsep kegiatan pun berubah mengikuti tema yang sekarang ini terpampang di spanduk acara.

Dengan mengusung tema ‘Sinergi bersama komunikasi’, diharapkannya acara tersebut menjadikan semua pihak yang terlibat bisa satu energi serta satu semangat dalam menyukseskan kegiatan yang digadang-gadang sebagai peringatan hari lahir prodi Komunikasi & Penyiaran Islam ini “Karena di kegiatan ini aku berharap panitia, peserta, warga KPI, atau bahkan pengunjung yang ikut hadir bisa satu energi serta satu semangat untuk menyukseskan kegiatan ini, dan satu rasa juga untuk hari lahir jurusan, ya sama-sama menikmatilah,” ucap Muhammad Al-Fauzan, salah satu panitia Festkom.

Pembukaan secara simbolis dengan pemotongan pita juga turut dimintakan kepada Muhammad Rivaldi Akbar selaku perwakilan Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Dakwah & Ilmu Komunikasi, dan juga dengan tumpengan yang dimintakan kepada Fathurrahman selaku Demisioner Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi & Penyiaran Islam periode 2022-2023.

Pembukaan secara simbolis oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa fakultas Dakwah & Ilmu Komunikasi dan Demisioner HMJ KPI periode 2022-2023.

Lalu diiringi dengan pembacaan do’a dari Rahmat Nur Wahid yang merupakan mahasiswa jurusan Komunikasi & Penyiaran Islam angkatan 2021 sekaligus Panitia, juga diakhiri dengan acara foto bersama para tamu undangan sekalian.

Salah seorang panitia bernama Muhammad Sabilal Khair juga mengungkapkan bahwa rencananya acara ini akan ditutup pada hari Sabtu tanggal 23 Desember 2023 yang bertempat di gedung Mess L Banjarbaru, pukul 20.00 malam. “penutupannya nanti tanggal 23 (Desember) di Mess L, jam 8 malam, pas malam Minggu,” tuturnya.

 

 

Sumber foto: Muhammad Hilman

Reporter: Muhammad Hilman

Editor: Muhammad Hilman