Meriah! Penggelaran Acara ‘Takajut Lomba’ Libatkan Banyak Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Dalam Berpartisipasi

Hits: 99

Acara dengan tajuk ‘Takajut Lomba’ yang diselenggarakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Dakwah & Ilmu Komunikasi (DEMA FDIK) itu diresmikan pada Sabtu tanggal 11 November 2023, di kampus 2 UIN Antasari Banjarmasin di Banjarbaru, tepatnya di gedung fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi lantai 2.

Pembukaan secara simbolis oleh Kaprodi KPI Bapak Surya Eka Priyatna, M.Cs, di gedung FDIK Kampus 2 UIN Antasari Banjarmasin di Banjarbaru

Dinamakan demikian karena kegiatan ini bertujuan untuk membuat orang terkejut dengan kehadirannya sekaligus membawa suasana baru dalam penamaan karena menggunakan kata dari bahasa Banjar “takajut” yang berarti “terkejut” tanpa menghilangkan nilai dari acara itu sendiri. Acara tersebut juga merupakan representasi “bangun dari tidur yang lama” sebagai gambaran dari kegiatan kompetisi yang sudah lama tidak diadakan dalam lingkup fakultas Dakwah & Ilmu Komunikasi.

Persiapannya tentu memakan waktu yang tidak sebentar hingga pihak penyelenggara mampu menghadirkan berbagai macam lomba, dari cabang Ilmiah, Olahraga, Seni, & E-Sport yang dilaksanakan secara luring dan cabang Desain & Video yang dilaksanakan secara daring.

Perlombaan cabang olahraga, Ilmiah, Seni, & E-Sport

Para peserta yang terdiri dari mahasiswa program studi Komunikasi & Penyiaran Islam, Manajemen Dakwah, Bimbingan & Penyuluhan Islam, dan Teknologi Informatika juga turut antusias dalam meramaikan acara yang berlangsung selama kurang lebih sepekan itu.

Dalam pemilihannya, pihak panitia menentukan kriteria mahasiswa dari semester 1 sampai semester 5 sebagai persyaratan, dengan memberikan arahan melalui penanggung jawab perwakilan dari setiap kontingen jurusan, dari tahap administrasi hingga penutupan.

Acara tersebut juga memiliki daya tarik tersendiri, dimana penentuan cabang-cabang lomba yang ada berdasarkan hasil kesepakatan tiap-tiap himpunan mahasiswa dari masing-masing jurusan, termasuk para mahasiswa jurusan Teknik Informatika yang baru menginjak angkatan pertama.

Pengalaman baru yang belum pernah dirasakan sebelumnya juga turut menjadi timbal balik positif tidak hanya kepada peserta, tapi juga kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraannya, pasalnya acara tersebut merupakan agenda tahunan perdana dari DEMA FDIK, “Insya allah ini akan menjadi agenda tahunan bagi teman-teman yang ingin melanjutkan estafet kepimpinan di DEMA FDIK” tutur Muhammad Saprianor selaku Ketua Pelaksana,

Jajaran panitia penyelenggara ‘Takajut Lomba’ & Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi di hari penutupan

“Kami merasa ada kegembiraan dalam diri Kami, karena tentunya kegiatan ini berjalan dengan lancar dengan semestinya, dan juga Kami merasa senang karena dari mahasiswa FDIK sangat antusias dalam memeriahkan acara Takajut Lomba” sambungnya.

Saprianor juga berpesan “pesan dari Kami (semoga) acara Takajut Lomba bisa memberikan hasil yang terbaik bagi mahasiswa FDIK sehingga mereka bisa mengembangkan bakatnya dan bisa membawa nama fakultas maupun kampus ke tingkat nasional maupun internasional.”

Selain itu, Ketua Pelaksana tersebut juga berharap agar kiranya agenda ini tetap berlangsung di setiap tahunnya, “karena ini merupakan agenda yang sangat positif dan sangat membantu kemahasiswaan dalam mengembangkan minat dan bakatnya masing-masing” tuturnya lagi saat dihubungi via WhatsApp.

Kegiatan ini ditutup pada Minggu 19 November 2023 di cafe Coffe Umbrella Jl. Achmad Yani km. 13, Gambut, sekaligus pengumuman dan pembagian piala bagi para pemenang.

Sebagai Juara Umum ‘Takajut Lomba’ yang diselenggarakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Dakwah & Ilmu Komunikasi (DEMA FDIK) adalah Program Studi Manajemen Dakwah, Selamat!

 

 

 

Sumber foto: Istimewa

Reporter: Muhammad Hilman

Editor: Muhammad Hilman