MAHASISWA JURNALISTIK BERKUNJUNG KE INDUSTRI MEDIA

Hits: 30

Kpiantasari.info – Beberapa minggu lalu, mahasiswa peminatan Jurnalistik UIN Antasari Banjarmasin angkatan 2020–2021 melakukan kegiatan visitasi ke beberapa institusi media di Banjarmasin, pada Jumat 26 Mei 2023.

Kegiatan ini merupakan rangkaian proses pembelajaran dari mata kuliah “Teknik Penulisan Artikel dan Fitur” yang bertujuan agar mahasiswa dapat mempelajari bagaimana indikator tulisan yang baik dan layak disajikan, sehingga informasi yang disebarluaskan dapat dan diterima oleh masyarakat luas.

Dosen pendamping kegiatan ini, Gusti Muhammad Hermawan, M.IKom, mengajak 19 mahasiswa ketiga tempat institusi media sekaligus pada hari yang sama, yakni Banjarmasin Post, Kompas Tv, dan Smart Fm.

Siti Ruqayyah, salah satu mahasiswa jurnalistik mengatakan bahwa selama berkunjung ia mendapatkan pengetahuan tentang cara penulisan yang baik dan cukup terkesan dengan visual ruang siaran media.

“Yang menarik bagi saya dari kunjungan itu ada di waktu ke Bpost dan Kompas tv, pertama itu di Bpost kan ada materi tentang teknik penulisan, nah disitu sangat amat menambah wawasan saya tentang penulisan yang baik sehingga bisa langsung di praktekkan sesuai dengan peminatan yang saya ambil Terus di kompas tv, yang awalnya saya kira itu dari Jakarta ternyata setiap tayangan pagi kompas tv yang Banjarmasin itu dari sana dan paling berkesan bisa lihat tempat siarannya”. Ucapnya

Ruqayyah, juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan motivasi bagi teman-teman yang ingin belajar dan berkecimpung di dunia jurnalis. Selain itu, ia juga mengharapkan kedepan untuk bisa melakukan kunjungan lagi ke beberapa institusi media yang belum pernah dikunjungi.

Penulis: Amalia Putri