‘Daurah Ilmiah’ Lembaga Dakwah Kampus As-Syifa Disambut Dengan Respon Positif Dari Berbagai Kalangan Di Kampus

Hits: 97

Banjarbaru – Pada hari Sabtu, 25 Mei 2024, Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (HMJ KPI) Fakultas Dakwah & Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Antasari Banjarmasin turut hadir dalam kegiatan ‘Daurah Ilmiah’ yang digelar di Auditorium Mastur Jahri Kampus 1 UIN Antasari Banjarmasin.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Dakwah Kampus (LDK) As-Syifa itu dimulai sekitar pukul 08.30 WITA pagi hingga pukul sekitar pukul 12.00 WITA siang, dengan mengusung tema “Islam dan Modernitas: Menilik Tantangan dan Solusi Terhadap Keberagaman Muslim di Era Modern” kegiatan ini menghadirkan dua orang Ulama Kalsel yang masyhur sebagai pemateri di hari itu, yakni Ustadz H. Khairil Anam dan Ustadz H. Ilham Humaidi.

Bukan tanpa alasan Organisasi keagamaan yang bernaung di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi itu mendatangkan dua orang ulama kharismatik kalimantan, sebab penyampaian dari kedua pemateri tersebut dirasa relevan & cocok untuk setiap kalangan, tidak terkecuali mahasiswa/i yang menjadi sasaran utama sebagai audiens dalam kegiatan tersebut.

“Kedua Pemateri kita ini memang masih muda secara umur, tetapi ilmu beliau tua, dalam artian umur muda tapi penguasaan ilmunya sudah jauh dari kita ini,” tutur Dr. H. Muhammad Abduh Amrie selaku Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dalam sambutan beliau.

“Kami mencoba menyikapi bagaimana dampak modernisme yang semakin hari semakin menunjukkan dampak negatifnya, dan menyikapi manusia beragama yang cenderung mengesampingkan prinsip beragamanya dalam kehidupan,” ungkap Ahmad Hafi selaku Ketua Pelaksana “Daurah Ilmiah” tersebut.

“Tak disangka ‘Daurah Ilmiah’ kali ini mendapat atensi dan respon positif di kalangan pimpinan fakultas dan mahasiswa/i umum, kesuksesannya hari ini adalah representasi dari semangat mereka yang berada dibelakang yang terus mengupayakan hasil terbaik dan maksimal,” jelas mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah tersebut saat sesi wawancara bersama HMJ KPI.

Hafi juga mengharapkan agar kegiatan ini tidak dilihat sebagai program kerja yang pertama dan terakhir, melainkan juga sebagai program kerja yang terus berkelanjutan.

“Kami merasakan hal yang sangat mengesankan, karena ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu, sebuah terobosan baru yang memberi dampak besar bukan hanya ke LDK As-Syifa sebagai penyelenggara, tetapi kepada kami sebagai audiens pun memiliki dampak yang berpengaruh dalam pola pikir dan keilmuan” Muhammad Waladun Shaleh selaku Anggota bidang Advokasi HMJ KPI yang hadir turut berkomentar.

Mahasiswa KPI angkatan 2023 tersebut juga menuturkan kegiatan ini adalah modal penting para mahasiswa untuk membantu mereka dalam membuka wawasannya dan membuka keilmuan agama yang kontemporer.

Di kesempatan ini Ustadz Ilham Humaidi mengungkapkan bahwa “Semuanya akan indah dengan sikap kedewasaan, dengan Sikap Dewasa kita akan bisa menyikapi perbedaan”

 

 

*Berita ini merupakan kolaborasi kpiantasari.info dan HMJ KPI

 

Sumber Foto: HMJ KPI
Reporter: Muhammad Rafi & Muhammad Sultan
Editor: Muhammad Hilman