Dalam Rangka Peringati Hari Lahir Pancasila, HMJ KPI Adakan Kunjungan Ke Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru

Hits: 77

Banjarbaru – Sabtu, 1 Juni 2024, Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (HMJ KPI) Fakultas Dakwah & Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Antasari Banjarmasin menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk “HMJ Active Day”.

Acara yang diadakan oleh HMJ KPI melalui Bidang Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) dimulai pada pukul 09.30 WITA dan berlangsung hingga sekitar pukul 12.00 WITA. Dengan tema “HMJ Active Day: Goes to Museum Lambung Mangkurat,” kegiatan ini juga bertujuan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari Sabtu itu.

Organisasi kemahasiswaan tersebut mengadakan agenda ini karena ingin lebih mendalami peninggalan sejarah dari tanah Banua serta mempelajari kisah para pahlawan yang berjuang melawan penjajah di masa lalu.

 “Kegiatan ini memang kami adakan untuk kita bisa sama-sama melihat bagaimana peninggalan yang masih ada di kalimantan selatan, agar kita bukan hanya bisa memperingati suatu hari dengan ucapan, tetapi bisa memaknai dan merasakan bagaimana perjuangan para pahlawan,” tutur Trio Bagus Mulyono selaku Ketua Pelaksana kegiatan HMJ Active Day tersebut.

Trio juga menegaskan bahwa kegiatan seperti ini harus terus menerus dilestarikan, bukan hanya di lingkup keorganisasian tapi juga dalam kegiatan liburan, ataupun di keseharian, karena banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.

“Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program kerja bidang PSDM. HMJ Active Day akan terus dilaksanakan, bukan hanya mengunjungi museum, tetapi juga menjelajahi tempat-tempat yang memiliki makna dan nilai dalam setiap pelaksanaannya,” jelas Muhammad Rafi, Ketua Bidang PSDM. Rafi juga berharap kegiatan ini tidak hanya dianggap sebagai program kerja yang pertama dan terakhir, melainkan sebagai program berkelanjutan agar manfaatnya dapat terus dirasakan.

“Museum ini sangat bermanfaat dalam proses kami mencari tahu peninggalan sejarah. Saran untuk kedepannya adalah agar ada perluasan serta penambahan peninggalan sehingga kami bisa lebih mengeksplorasi isi museum,” jelas Ghina Azkiyah, seorang siswi SMA Negeri 1 Martapura, saat ditemui oleh wartawan tim HMJ KPI.

HMJ KPI berharap kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk melihat isi sejarah di Kalimantan Selatan, tetapi juga untuk menjalin silaturahmi antar fungsionaris sehingga tercipta kebersamaan dalam rangkaian aktivitas organisasi di masa depan.

 

 

Reporter: Muhammad Rafi, Muhammad Sultan